Golok Sembelih Rawa Belong


Jual Golok Sembelih Sapi Kerbau Kambing Super Tajam dengan bahan Baja bagus dan model Golok Betawi, Golok Seliwa, Golok Soren & Pisau Bowie. Golok / Pisau Sembelilh yang kami jual termasuk sarung dan gagangnya. Baja yang kami gunakan dari baja per tempo dooloe yang terkenal bagus untuk membuat bilah dan tajamnya awet seperti silet Gilette / Goal. Bahan kayu untuk sarung dan gagang kami gunakan dari jenis kayu Ki Areng dan Sonokeling atau jenis lainnya yang sudah terkenal tahan lama dan mempunyai nilai seni. Untuk produk special, Full Tanduk, kami gunakan bahan tanduk kerbau hitam atau kerbau bule pilihan untuk dijadikan gagang dan sarung.
Di design, finisihing dan diasah secara Tradisional (100% handmade) oleh Ust. asal Rawa Belong yang berpengalaman tahunan (online sejak tahun 2011) dalam menyediakan golok dan menyembelih Qurban/Aqiqoh dan juga memahami sifat-sifat golok, anatomi genggaman, simetris dan sedikit ilmu Golok Seliwa. Di tempa oleh Pandai besi yang berpengalaman pula.

Bisa untuk sembelih hewan dari kambing, kerbau dan sapi (tipe Golok Sembelih). Juga bisa buat koleksi, peralatan rumah tangga dan berkebun (tipe Golok Tebas)
Insya Allah bila dengan teknik yang benar untuk sembelih kambing/kerbau/sapi Qurban atau Aqiqoh cukup 1x - 3x sayat saja walau kulit dan bulunya tebal. Terbukti pada Idul Adha 1432 H lalu dapat menyembelih hewan hingga 4 kerbau/sapi dan 10 kambing tanpa diasah lagi. Cukup di sirami dengan air bersih kemudian di lap hingga kering.. dan golok siap digunakan lagi. Penampakannya di Facebook: http://www.facebook.com/media/set/?s...1&l=e4a0e78dcc

Teruji juga bisa untuk cukur jenggot, cukur bulu kaki, sayat kertas, kesat di kuku dan rambut (tajam seperti silet Gillete) dan kuat serta tahan karat tentunya bila dengan perawatan yang benar karena bahan baja asli.

Materi Per yang digunakan:

Rekaman videonya di YouTube: http://youtu.be/s6C-JjSglvo

Setelah di Tempa sesuai Design untuk di Finishing:


Bahan untuk Sarung Tanduk Antik:

Tanduk kerbau Betina pilihan.


Golok/Pisau terdiri dari 2 jenis/tipe dan fungsi, yaitu: Sembelih dan Tebas, dan kami specialis Golok Sembelih. Selain ada yang Fresh dari Tungku dan Ready Stock, Anda dapat memesan atau customize bahan dan design sesuai kebutuhan Anda pada SOLD, bisa pesan dgn 50% DP dimuka dgn minimal order 2 (dua). .. Harga dengan produk Handal dan Berkualitas mulai dari 750rb - 950rb insya Allah untuk seumur hidup dan turun menurun bila dengan penggunaan dan perawatan yang benar dan wajar sesuai petunjuk.

Daftar Harga Menarik:
1.      Golok / Pisau sarung kayu, Panjang Bilah belum termasuk gagang = 28-30cm:
  • Gagang Kayu : Rp850.000,-
  • Gagang Tanduk Kerbau : Rp950.000,-
2.      Golok / Pisau Sedang sarung kayu, Panjang Bilah belum termasuk gagang = 20-27cm:
  • Gagang Kayu : Rp750.000,-
  • Gagang Tanduk Kerbau : Rp850.000,- 
3.      Golok / Pisau FULL TANDUK Kerbau Hitam atau Kerbau Bule, Antik dan Istimewa : Rp1.250.000,- s/d Rp7.000.000,-
Untuk pemilihan dan pembelian golok/pisau sebaiknya melalui 3D: Dilihat, Dipegang, Dirasa2 agar dapat menemukan filling yang baik. 
Bagi yang berminat dapat langsung Call/SMS//Whatsap Indosat: 0815-85951400.

Lokasi kami di Jl. Palmerah Barat 6, Rawa Belong, RT05/015 No. 35 Jakarta Barat 11540 (Belakang ALFA MIDI / Martabak ALIM Rawa Belong). Rumah Ust. Jenaedi / Ust. Jujun.


Lokasi GRB mudah dicari untuk COD, caranya buka aplikasi 'Google Map' kemudian cari di kotak search "Golok Rawa Belong" atau klik ini.

PENTING! Ketentuan Jual Beli:
  1. Golok atau Pisau yang kami jual HANYA untuk hal2 yang bermanfaat, BUKAN untuk digunakan dalam tindakan kriminal. Mohon informasikan sebelumnya kegunaan dari golok/pisau yang akan dibeli kepada kami.
  2. Sangat diharapkan calon pembeli datang ke lokasi kami sekalian bersilaturahmi dan bila jual-beli terjadi maka ongkos Anda akan kami ganti max. 50rb.
  3. Bila diperlukan kami siap ke tempat Anda bersilaturahmi dgn ketentuan sbb:
    • Sangat diharapkan Anda positif membeli, apabila tidak terjadi mohon Anda mengganti ongkos kami sesuai lokasi Anda (max.50rb, khusus untuk daerah Jakarta).
    • BARU! Jasa GoSend dan sejenisnya (kurir khusus mengantar paket) siap membantu mengirim PESANAN KILAT hitungan jam ke berbagai daerah di JAKARTA dengan biaya ditanggung Pembeli.
  4. Golok / Pisau yang kami jual untuk memenuhi kebutuhan Anda dan apabila ada kerusakan setelah barang diterima / pemakaian selama 3 (tiga) hari maka Golok/Pisau dapat di tukar.
  5. Kualitas Golok / Pisau dan Kepuasan Anda adalah yang hal UTAMA bagi kami.
 
 Bukti Pengiriman Paket Golok/Pisau
Untuk jual-beli khusus secara ONLINE, selain kami mohon sebelumnya kepercayaan dan keridhoan antara kami dan Anda dalam jual-beli, juga kami harapkan Anda informasikan kegunaan dan tanyakan tentang fisik detail produk yg Anda minati ke kami secara jelas. 
Bila berkenan, kami harapkan transfer pembelian ke Bank BCA (tidak ada Bank Lain). Insya Allah paket produk akan kami usahakan kirim via JNE pada hari yang sama kami menerima transfer dari Anda.

Review Golok Duduk:

 

Model - model yang pernah kami buat:
 

 

 
==>Alamat kami di KASKUS & TokoBagus


Mau langsung kirim WA ke GRB:

Mengapa Hewan Harus Disembelih? Ini Penjelasan Yusuf Qardhawi dan Hasil Penelitian EEG-ECG

February 18, 2014 at 3:05pm
Islam mensyariatkan binatang ternak seperti sapi, kambing, dan unta harus disembelih agar halal dikonsumsi. Sementara akhir-akhir ini, beberapa negara Eropa termasuk Denmark melarang penyembelihan tanpa dibius, dengan alasan agar tidak menyakiti hewan.

Mengapa Islam mensyariatkan penyembelihan, bukan cara lain seperti mencekik, menembak atau membiusnya terlebih dahulu? Berikut hikmahnya menurut Syaikh DR Yusuf Qardhawi dan penelitian Hannover University dengan menggunakan Electro-Encephalograph (EEG) dan Electro Cardiograph (ECG):

Rahasia Penyembelihan dan Hikmahnya


Syaikh DR Yusuf Qardhawi dalam buku Halal dan Haram dalam Islam menjelaskan rahasia penyembelihan dan hikmahnya sebagai berikut:

Rahasia penyembelihan ini, menurut yang kami ketahui, adalah untuk melepaskan nyawa binatang dengan jalan yang paling cepat dan mudah, sehingga meringankan dan tidak menyakiti. Untuk itu maka disyaratkan alat yang dipakai harus tajam supaya lebih cepat.

Di samping itu dipersyaratkan juga, bahwa penyembelihan itu harus dilakukan pada leher, karena leher merupakan tempat yang lebih dekat untuk memisahkan kehidupan dengan mudah.

Rasulullah melarang menyembelih binatang dengan gigi dan kuku, karena penyembelihan semacam itu menyakiti binatang. Pada umumnya alat-alat tersebut hanya bersifat mencekik.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk menajamkan pisau dan memudahkan penyembelihan. Beliau bersabda:

إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا الْقِتْلَةَ وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذَّبْحَ وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ فَلْيُرِحْ ذَبِيحَتَهُ
"Sesungguhnya Allah mewajibkan untuk berbuat baik kepada segala sesuatu. Oleh karena itu jika kamu membunuh, maka perbaikilah cara membunuhnya. Apabila kamu menyembelih maka perbaikilah cara menyembelihnya; tajamkanlah pisaunya serta mudahkanlah sembelihannya." (HR. Muslim)

Di antara tindakan yang baik adalah seperti apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar, bahwa Rasulullah memerintahkan menajamkan pisau dan tidak memperlihatkan proses penyembelihan kepada binatang-binatang lainnya yang akan disembelih. Beliau bersabda:

إِذَا ذَبَحَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجْهِزْ
"Apabila salah seorang di antara kamu menyembelih, lakukanlah dengan cepat." (HR. Ibnu Majah)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, bahwa ada seorang laki-laki membaringkan seekor kambing sambil mengasah pisaunya, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أتريد أن تميتها موتات هلا حددت شفرتك قبل أن تضجعها
"Apakah engkau akan mematikannya beberapa kali? Mengapa tidak engkau asah pisaumu itu sebelum binatang tersebut engkau baringkan?" (HR. Hakim)

Umar Ibnul Khattab pernah juga melihat seorang laki-laki yang mengikat kaki seekor kambing dan diseretnya untuk disembelih, maka ia memperingatkan: “Celaka engkau! Giringlah dia kepada kematian dengan suatu cara yang baik.' (HR. Abdurrazzaq).

Hasil Penelitian dengan EEG-ECG

Situs resmi Universitas Airlangga, unair.ac.id, melansir hasil penelitian Hannover University dengan judul Penyembelihan Sapi dengan Stunning vs non Stunning sebagai berikut:

Disebutkan dua staf ahli peternakan dari Hannover University, sebuah universitas terkemuka di Jerman, yaitu Prof Dr Schultz dan koleganya Dr Hazim memimpin penelitian mengenai manakah yang lebih baik dan paling tidak sakit, penyembelihan secara Syariat Islam yang murni (tanpa proses pemingsanan) ataukah penyembelihan dengan cara Barat (dengan pemingsanan)?

Keduanya merancang penelitian sangat canggih, mempergunakan sekelompok sapi yang telah cukup umur (dewasa). Pada permukaan otak kecil sapi-sapi itu dipasang elektroda (microchip) yang disebut Electro-Encephalograph (EEG). Microchip EEG dipasang di permukaan otak yang menyentuh titik (panel) rasa sakit di permukaan otak, untuk merekam dan mencatat derajat rasa sakit sapi ketika disembelih.

Di jantung sapi-sapi itu juga dipasang Electro Cardiograph (ECG) untuk merekam aktivitas jantung saat darah keluar karena disembelih. Untuk menekan kesalahan, sapi dibiarkan beradaptasi dengan EEG maupun ECG yang telah terpasang di tubuhnya selama beberapa minggu.

Setelah masa adaptasi dianggap cukup, maka separuh sapi disembelih sesuai dengan Syariat Islam yang murni, dan separuh sisanya disembelih dengan menggunakan metode pemingsanan yang diadopsi Barat.

Dalam Syariat Islam, penyembelihan dilakukan dengan menggunakan pisau yang tajam, dengan memotong tiga saluran pada leher bagian depan, yakni saluran makanan, saluran nafas serta dua saluran pembuluh darah, yaitu arteri karotis dan vena jugularis.

Selama penelitian, EEG dan ECG pada seluruh ternak sapi itu dicatat untuk merekam dan mengetahui keadaan otak dan jantung sejak sebelum pemingsanan (atau penyembelihan) hingga ternak itu benar-benar mati.

Dari hasil penelitian yang dilakukan dan dilaporkan oleh Prof Schultz dan Dr Hazim di Hannover University Jerman itu dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

Penyembelihan menurut Syariat Islam

Hasil penelitian dengan menerapkan praktik penyembelihan menurut Syariat Islam menunjukkan:

Pertama, pada 3 detik pertama setelah ternak disembelih (dan ketiga saluran pada leher sapi bagian depan terputus), tercatat tidak ada perubahan pada grafik EEG. Hal ini berarti bahwa pada 3 detik pertama setelah disembelih itu, tidak ada indikasi rasa sakit.

Kedua, pada 3 detik berikutnya, EEG pada otak kecil merekam adanya penurunan grafik secara bertahap yang sangat mirip dengan kejadian deep sleep (tidur nyenyak) hingga sapi-sapi itu benar-benar kehilangan kesadaran. Pada saat tersebut, tercatat pula oleh ECG bahwa jantung mulai meningkat aktivitasnya.

Ketiga, setelah 6 detik pertama itu, ECG pada jantung merekam adanya aktivitas luar biasa dari jantung untuk menarik sebanyak mungkin darah dari seluruh anggota tubuh dan memompanya keluar. Hal ini merupakan refleksi gerakan koordinasi antara jantung dan sumsum tulang belakang (spinal cord). Pada saat darah keluar melalui ketiga saluran yang terputus di bagian leher tersebut, grafik EEG tidak naik, tapi justru drop (turun) sampai ke zero level (angka nol). Hal ini diterjemahkan oleh kedua peneliti ahli itu bahwa: "No feeling of pain at all!" (tidak ada rasa sakit sama sekali).

Keempat, karena darah tertarik dan terpompa oleh jantung keluar tubuh secara maksimal, maka dihasilkan healthy meat (daging yang sehat) yang layak dikonsumsi bagi manusia. Jenis daging dari hasil sembelihan semacam ini sangat sesuai dengan prinsip Good Manufacturing Practise (GMP) yang menghasilkan Healthy Food.

Penyembelihan dengan cara Dipingsankan
Pertama, segera setelah dilakukan proses stunning (pemingsanan), sapi terhuyung jatuh dan roboh. Setelah itu, sapi tidak bergerak-gerak lagi, sehingga mudah dikendalikan. Oleh karena itu, sapi dapat pula dengan mudah disembelih tanpa meronta-ronta, dan tampaknya tanpa mengalami rasa sakit. Pada saat disembelih, darah yang keluar hanya sedikit, tidak sebanyak bila disembelih tanpa proses stunning (pemingsanan).

Kedua, segera setelah proses pemingsanan, tercatat adanya kenaikan yang sangat nyata pada grafik EEG. Hal itu mengindikasikan adanya tekanan rasa sakit yang diderita oleh ternak (karena kepalanya dipukul, sampai jatuh pingsan).

Ketiga, grafik EEG meningkat sangat tajam dengan kombinasi grafik ECG yang drop ke batas paling bawah. Hal ini mengindikasikan adanya peningkatan rasa sakit yang luar biasa, sehingga jantung berhenti berdetak lebih awal. Akibatnya, jantung kehilangan kemampuannya untuk menarik dari dari seluruh organ tubuh, serta tidak lagi mampu memompanya keluar dari tubuh.

Keempat, karena darah tidak tertarik dan tidak terpompa keluar tubuh secara maksimal, maka darah itu pun membeku di dalam urat-urat darah dan daging, sehingga dihasilkan unhealthy meat (daging yang tidak sehat), yang dengan demikian menjadi tidak layak untuk dikonsumsi oleh manusia.

Disebutkan dalam khazanah ilmu dan teknologi daging, bahwa timbunan darah beku (yang tidak keluar saat ternak mati/disembelih) merupakan tempat atau media yang sangat baik bagi tumbuh-kembangnya bakteri pembusuk, yang merupakan agen utama merusak kualitas daging.

Hasil penelitian Prof Schultz dan Dr Hazim juga membuktikan pisau tajam yang mengiris leher ternyata tidaklah “menyentuh” saraf rasa sakit. Oleh karenanya kedua peneliti ahli itu menyimpulkan bahwa sapi meronta-ronta dan meregangkan otot bukanlah sebagai ekspresi rasa sakit, melainkan sebagai ekspresi keterkejutan otot dan saraf saja yaitu pada saat darah mengalir keluar dengan deras.

Mengapa demikian? Hal ini tentu tidak terlalu sulit untuk dijelaskan, karena grafik EEG tidak membuktikan juga tidak menunjukkan adanya rasa sakit itu.

Subhanallah... demikianlah hikmah dan rahasia mengapa Islam mensyariatkan penyembelihan hewan. Wallahu a’lam bish shawab. [IK/bersamadakwah]

Source: http://www.bersamadakwah.com/2014/02/mengapa-hewan-harus-disembelih-ini.html

 

44 komentar:

  1. Ass. Wr. Wb.
    Mau coba ksh testi untuk GRB (Pak Ustad Junaedi & Bang Burhan). Makasih saya sudah dijamu dengan ramah + obrolan2 yang menarik, walaupun singkat tapi alhamdulillah bisa silaturahmi tandang ke RB :)

    Terima kasih untuk Golok kembarnya (Betawi & Banten) yang "cakep2" ya, full tanduk kualitas selektif bgt untuk gagang & sarungnya + hand grip sarung Golok kain warna merah yang bikin sangar tapi tetap indah :)

    Semoga kualitas GRB tetap terjaga ye Bang. Amin.


    Wass. Wr. Wb.



    Panji
    CIMANDE GERAK CEPAT MAUNG, Ciputat, TANG-SEL.

    BalasHapus
  2. Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.,

    Alhamdulillah.. wasyukrulillah.. kami senang atas kedatangan silaturahmi Bang Panji dan Abah dari Ciputat ke Rawa Belong.
    Tuh, rupanya emang jagonya Cimande pan yg tandang kemari.. Low profile ye org2 bule bilang.
    Untungnye kita byk persiapan golok di rumah..

    Mudah2an golok kembarnya dapat bermanfaat dan insya Allah bisa turun menurun...

    Salam,
    GRB

    BalasHapus
  3. Goloknya bagus - bagus gan, yang golok duduk harganya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, sudah kejual. Itu hanya kebetulan saja bisa duduk..

      Hapus
    2. Asa lm mualaikum p ustad ane mu psen golok rawa belong

      Hapus
  4. Terima kasih Gan.. Yg golok duduk udah ke jual oleh langganan kami Pak Budi Hermansyah di Park Residence Bogor..

    BalasHapus
  5. Asalamualaikum . . .

    Mas klo bikin golok panjang 100 cm tpi costum sendri bisa ga ya dan kira" harganya brp? + ukiran allahu akbar

    # buat koleksi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalaam, insya Allah bisa saja. harga jdai dihitung double sajah. Email saja designnya..

      Hapus
  6. ada golok Callimus?, bisa memotong tulang sapi 2 kali bacok atau 5 kali bacok tergantung keterampilan sang pemotong daging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami khusus jual golok sembelih saja. Terima kasih

      Hapus
  7. bang kalo kite mao liat dulu pegimane bang ?? bolehh ape kage nii ,,pan kalian mao silaturahmi ..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jiah, boleh aje kali.. silakan ane tunggu di rumah yah..

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum.. Ustadz, goloknya bagus bangat, MasyaAllah. Ane dah punya nih, tapi kayanya pengen beli lg nih..Pisau skinnernya yang sarungnya kulit ada ga?

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalaam.. Alhamdulillah, syukron atas testimoninya Bang..
    Piso ade kalo nte mao, ntu ready stovk.

    Salam,
    GRB

    BalasHapus
  10. bang, minta ancer" jalannye dong buat kerumah abang...., ane ahmad bang dari bojong gede bogor, baru 2 tahun ngegeluti dunia jagal menjagal, dapet golok warisan dari orang tua ane model kukri...., pengen punya sendiri bang..., liat" web kayanye ati ane jatuh ke RGB...., mohon bantuanye ye bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke lokasi kita sekarang ada di Google Map, ketik ajah cari Golok Rawa Belong disitu daah

      Hapus
  11. assalamualaikum...sy dr malaysia berminat mau beli golok rawa belong ni...bisa saya membelinya secara online...ni no tel saya jika tidak keberatan untuk kita berbincang 017-6064700

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf kami belum tahu caranya untuk jual ke begara tetangga, khususnya cara pengiriman goloknya... takut di razia karena senjata tajam

      Hapus
  12. Assallam'mualaikum bang..ane mau tanye,kalo ane mau bikin ntu golok tapi ane punya bahan besinya dari bearing bekas Tango Container kire" bisa gak ye bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aje Bang, tapi kayanya ntu bahan baja rada getas gitu bang

      Hapus
  13. Assalam'muallaikum..bang ,ane mau tanye,kalo ane mau bikin golok tapi ane punya bahannya dari Bearing bekas Tanggo container bise ape kagak bang..trus hargenye brape.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aje Bang insya Allah, tapi bahan baja ntu kayanya getas dan... harga gak jauh beda bang dari yang Ready Stock

      Hapus
  14. Balasan
    1. iye Bang, modelnya bisa Golok Betawi, Golok Seliwa, Golok Soren, & Pisau Bowie gitu

      Hapus
  15. Assalamualaikum pak.... maaf kalo pesan bilah nya saja dengan panjang total 100 cm custom sendiri bisa pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa, datang saja Bang ke lokasi

      Hapus
  16. Assalamualaikum...Bisa pesan bilahnya saja pak.. custom 100 cm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa.. datang ajah ke lokasi atau kirim gambarnya ke email / whats app

      Hapus
  17. Balasan
    1. Alahmdulillah.. silakan pesanannya mo yang mana Bang?

      Hapus
  18. Assalamualaikum pak.
    Saya mau pesan satu golok rawabelong. Gimana cara transaksinya pak.
    Mohon infonya pak. Tks.
    Ini nomor telfon saya 082389789321

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalaam wr. wb.
      Terima kasih Bang Indra, baik segera saya wa.
      No HP/Wa saya 0815-8595-1400.

      Hapus
  19. Asalamuallaikum bang.. Klo untuk bikin pisau jenis karambit bisa gk dan harga berapa nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalaam wr. wb.
      Untuk jenis kerambit kami tidak ahlinya.

      Hapus
  20. Ada yang bilahnya saja sampai dengan 1 m belum termasuk gagang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada, itu harus pesan. kami maksimal bikin bilah 30cm saja.

      Hapus
  21. Assalamu'alaikum, ane mau pesen golok bawa bahan sendiri dari bekas per kontainer, bisa di custom apa beda golok sembelih dengan tegas bang

    BalasHapus
  22. Assalamu'alaikum pak
    Saya mau buat golok n pisau yang bahan a dari saya,kira" biaya a berapa yach...?
    Terima kasih

    BalasHapus